Minggu, 10 Februari 2013

Shalat sunah Istikharah



shalat sunah istikharah

Apa shalat sunah istikharah ? shalat sunah yang di kerjakan dua raka’at untuk memohon kepada Allah agar di pilihkan yang terbaik di antara dua pilihan yang di liputi dengan rasa keraguan dalam memutuskan suatu hal.

Shalat ini di kerjakan secara sendiri, bukan berjamaah karena menyangkut petunjuk pribadi saja. Banyak sekali fadlilahnya, ada berbagai macam pilihan sulit yang membutuhkan petunjuk Allah untuk menetapkan yang terbaik buat kita.

Banyak yang melakukan shalat sunah istikharah tetapi hatinya sendiri sudah mengarah kepada satu pilihan. Ini akan menghancurkan informasi yang kita harapkan datang dari petunjuk Allah, bisa jadi apa yang kita dapatkan malah hanya lahir dari pilihan hati kita sendiri. Ini bukan jaminan, karena hati kita belum tentu bersih, mungkin saja masih tercampur dengan pertimbangan dan analisa fikiran.
Misalnya : Anda mempunyai dua pinangan, dan ke dua-duanya anda cintai, tetapi kita ragu dalam memilih salah satu untuk di jadikan pendamping hidup(istri). Untuk itu perlu shalat sunah istikharah, agar lebih mantap dengan apa yang anda pilih.    

A. Niat Shalat sunah Istikharah

Adapun niat shalat sunah istikharah adalah sebagai berikut :
Ushallii sunnatal istikhaarati rakataini lillaahi ta’alaa.
Artinya: Aku niat shalat sunah istikharah dua raka’at , karena Allah ta’ala.

B. Tata Cara Shalat sunah Istikharah

Cara mengerjakan shalat sunah istikharah. Shalat ini memang jarang sekali di lakukan, mungkin saja banyak di antara kita yang belum tahu caranya.
-          Di lakukan dalam keadaan suci dari berwudhu seperti halnya shalat yang lain.
-          Di kerjakan dua raka’at.
-          Niat shalat sunah istikharah bisa di ucapkan atau di niatkan dalam hati.
-          Membaca surat al fatiha setelah itu membaca surat pendek apapun yang di hafal.
-          Setelah selesai shalat dua raka’at , kemudian membaca doa shalat sunah istikharah dengan di sertai niat untuk memohon petunjuk Allah dan di berikan kemantapan hati atas pilihan yang terbaik menurut kehendak Allah untuk kebaikan di dunia dan di akhirat.

 C.  Waktu Pengerjaan Shalat sunah Istikharah 

Kapan waktu pengerjaan shalat sunah istikharah? Pada dasarnya pengerjaan shalat sunah istikharah dapat di kerjakan kapan saja namun di anjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir.

D. Doa shalat sunah Istikharah 

Setelah mengerjakan shalat sunah istikharah membaca doa sebagai berikut :
Bismillah hirrahmanirrahim, Allaahumma innii astakhiiruka bi’imika wa astaqdiruka bi qadratika wa as aluka min fadlikal ‘adliimi fainnaka taqdiiru walaa aqdiru wa ta’lamu wala a’lamu wa antaa ‘allamul ghuyuub. Allaahumma in kunta ta’lamu nna haadzal amra khairun lii fii diinii wa ma’aasyii wa’aaqibati amrii fashrifhu’annii washrifnii ‘aahu waqdirliyal khairi haitsu kaana tumma ardhinii bih.     
Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang,  Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan man yang terbaik menurut pengetahuan-Mu dan aku memohon kepada-Mu untuk memberi ketentuan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon anugerah-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau maha berkuasa sedang aku tidak memiliki kekuasaan. Engkau yang maha mengetahui akan barang yang gaib. Wahai tuhanku jika Engkau ketahui bahwa perkara ini baik bagiku, buat agamaku, buat kehidupanku, dan baik akibatnya, maka tetapkanlah perkara itu untukku, kemudian berilahberkah kebaikan untukku . Dan jika Engkau ketahui bahwa perkara ini jelek bagiku, bagi agamaku, bagi kehidupanku, dan jelek pula akibatnya, maka jauhkanlah dariku dan jauhkanlah aku dari padanya, serta tetapkanlah yang baik untukku di mana saja berada, kemudian jadikanlah aku ridho dengannya.  

Sumber PAKET UMROH MURAH

1 komentar:

  1. Terimakasih gan atas infonya yang bermanfaat ini, visit balik ya http://nama25nabi.blogspot.com/

    BalasHapus